oleh

Deputi Pemberdayaan Pemuda dan Komisi X DPR RI Lakukan Kunker ke Provinsi Jawa Barat

Biuus.com, Bandung – Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah bersama rombongan DPR RI Komisi X melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Provinsi Jawa Barat. Dalam kunker tersebut, rombongan diterima langsung oleh Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil beserta jajaran pejabat di ruang Papandayan Gedung Sate, Senin (18/4/2022). 

Sesuai dengan agenda kunker, pertemuan kali ini untuk membahas program-program yang menjadi bagian penting agenda Komisi X DPR RI, Kemenpora RI, Kemendikbudristek RI, Kemenparekraf/Baparekraf RI dan Perpusatakaan. Pelaksanaan Kunker yang diadakan oleh Komisi DPR RI Komisi X ini sesuai amanah Undang-undang (UU) Tahun 1945 dimana Dewan Perwakilan Rakyat mempunyai 3 (tiga) fungsi yaitu legislasi, anggaran dan juga pengawasan. 

Fungsi legislasi adalah, agar pengajuan Rancangan Undang-undang (RUU) yang dapat berbentuk inisiatif dari DPR RI maupun Pemerintah, untuk fungsi anggaran, Pemerintah dapat mengajukan usul Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) yang selanjutnya dibahas dan ditetapkan bersama dengan DPR RI. Dan sementara itu fungsi pengawasan, DPR RI mempunyai wewenang melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Undang-undang (UU) dan kebijakkan Pemerintah. Pengawasan dapat dilakukan dalam bentuk Panja, Panitia Khusus (Pansus) maupun rapat dalam bentuk Rapat Dengar Pendapat (RDP) dan Rapat Kerja (Raker), serta Kunjungan Kerja (Kunker). 

Baca juga: Mercedes-Benz W203 Club Indonesia, Ngabubudrive Ramadhan 2022

Disamping itu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga menyampaikan bahwa, Provinsi Jabar juga memberi perhatian khusus kepada berbagai program yang secara bersamaan menjadi tugas dan fungsi dari Komisi X DPR RI, salah satunya adalah dengan berbagai penambahan alokasi anggaran seperti pada bidang pendidikan, program-program berbasis budaya, kreativitas, pariwisata dan infrastruktur, peningkatan SDM, Olahraga dan kepemudaan. 

Menurutnya, Pemprov Jabar juga telah menaikan alokasi pendanaan untuk pendidikan dan serta pengalokasian anggaran untuk bidang-bidang lainnya, dan Jabar adalah provinsi terpadat dengan kepadatan 50Juta penduduk, karena itu Jabar perlu perhatian khusus baik dari DPR RI dan Pemerintah Pusat.

“Dana APBD untuk pendidikan saja sudah bukan lagi 20%, tapi sudah naik 33.5% jadi sudah besar sekali, dan investasi Sumber Daya Manusia (SDM) ini sangat luar biasa, maka dari itu kita mohon juga berbagai dukungan, terlebih fungsi dari tugas sejalan dengan Pemrov Jabar yang sudah 3 tahun ini sedang melakukan perbaikan diberbagai sektor, antara lain, Bidang Pendidikan, Pariwisata dan Kebudayaan, Ekonomi Kreatif, Penyediaan Infrastruktur, Peningkatan mutu SDM, Olahraga dan Kepemudaan serta lainnya, apalagi Jabar ini menajdi Provinsi terpadat dengan kepadatan 50 juta penduduk,” ungkapnya. 

Baca juga: Wakil Ketua Komisi X DPR Apresiasi Tim Review PPON

Kunjungan ke Provinsi Jabar ini, rombongan Komisi yang ikut serta ada sebanyak 29, orang yang diantaranya; 20 anggota Komisi X DPR RI. Pelaksanaan kunker dilaksanakan dari tanggal 16-20 April 2022 dan meliputi 3 provinsi.

Adapun rangkaian agenda kunker Komisi X DPR RI bersama dan Kementerian/Badan/Lembaga lannya ke pada 3 provinsi tersebut meliputi, Provinsi Jawa Barat, dipimpin oleh Ketua Komisi X DPR RI/Bapak H. Syaiful Huda, Provinsi Jawa Timur dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI/Ibu Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, MPP, dan Provinsi D.I. Yogyakarta, dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI/Bapak Dr. H. Abdul Fikri Faqih, M.M.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed