oleh

Bulan K3 Nasional, Menaker: Generasi Z Harus Melek K3 di Era Digitalisasi

Biuus.com, Bekasi  –  Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Menaker RI) Ida Fauziyah membuka acara Bulan K3 nasional tahun 2022 dengan tema “Penerapan Budaya K3 Pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi” di Kawasan Industri MM 2100,  Bekasi, Rabu (12/1/2022).

Menaker Ida Fauziyah dalam sambutannya Selama dua kali penyelenggaraan peringatan Bulan K3 Nasional, kita semua masih dalam kondisi prihatin dengan adanya Pandemi COVID-19 yang telah terjadi sejak Bulan Maret 2020 dan sampai sekarang masih belum benar-benar hilang walaupun saat ini sudah melandai dan mulai terkendali.

“Karena K3 merupakan salah satu kunci untuk bisa mengatasi pandemi COVID khususnya di tempat kerja. Pada Tahun 2022 ini Kementerian Ketenagakerjaan mengambil tema “Penerapan Budaya K3 Pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi”, sebagai tema pokok Bulan K3 Nasional Tahun 2022, “ ucap Ida.

Menaker Ida Fauziyah menekankan kepada seluruh pemangku kepentingan agar memaksimalkan penerapan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), karena K3 adalah salah satu kunci dalam menghadapi pandemi covid -19.

”Dan yang terpenting, kondisi ini jangan menurunkan semangat kita untuk terus menerus menggelorakan pentingnya menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di tempat kerja kita masing-masing, ” ungkapnya.

Baca juga : Kemendikbudristek Mendorong, Pemantauan Pembelajaran Tatap Muka Gunakan Teknologi Digital

Menaker mengungkapkan, kondisi seperti saat ini sangat berpotensi jika generasi melenial dan generasi Z dapat memanfaatkan.

“Salah satu Potensi terbesar yang harus disadari adalah kedua generasi melenial dan utamanya generasi Z, merupakan digital native, dimana penggunaan teknologi digital dalam kehidupan keseharian terjadi secara lebih mendalam,” kata Ida.

Menurut Menaker Ida, karakteristik lainnya adalah generasi Z tidak memiliki suatu komitmen jangka panjang dan hanya melakukan pekerjaan selama hal itu membuat mereka merasa senang.

“Berkonfigurasi dengan perkembangan teknologi digital, hal ini berpotensi meningkatkan labor turnover dan mengubah pola hubungan kerja menjadi lebih fleksibel seperti pola part-time, freelance, kemitraan, dan sebagainya,” katanya.

Baca juga : Tema dan Programnya Bulan K3 Tahun 2022

Turut hadir di acara bulan K3 Nasional, Sekjen, Dirjen Pembinaan dan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan Bupati Bekasi.

Usai mencanangkan bulan K3 Nasional, Menaker Ida kemudian menyaksikan acara simulasi tanggap darurat pemadam kebakaran yang dilakukan oleh kolaborasi tim penanggulangan kebakaran kawasan industri MM 2100, setelah itu langsung melakukan kunjungan ke SMK Mitra Industri MM2100 pasca simulasi tanggap darurat kebakaran.

Simulasi kebakaran ini dilakukan sebagai salah satu bentuk implementasi Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI No 186 Tahun 1999 tentang unit penanggulangan kebakaran di tempat kerja.

Bulan K3 Nasional yang jatuh pada tanggal 12 Januari – 12 Februari setiap tahun ini dicanangkan oleh pemerintah untuk membudayakan K3.

judul gambar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.