by

Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Dunia

Bahasa Indonesia berpotensi menjadi Bahasa Asia bahkan Bahasa Dunia, kerena jumlah penduduk Indonesia sebagai pengguna Bahasa Indonesia sebanya 254 juta orang. Jumlah ini menempatkan Indonesia menjadi urutan ke empat dunia setelah Cina, India dan Amerika. Hal itu yang membuat Bahasa Indonesia berpotensi menjadi Bahasa Asia bahkan Dunia.

 

Ternyata Bahasa Indonesia dipelajari di beberapa negara, terbukti banyak lembaga dan universitas terkemuka yang membuka Bahasa Indonesia. Berikut adalah negara-negara yang tertarik membuka jurusan Bahasa Insonesia.

 

Jepang tertarik mempelajari budaya dan Bahasa Indonesia seperti pada Tokyo University of Foreign Studies (TUFS), yang menjadi salah satu universitas terkemuka bidang bahasa asing. Di sini, kajian bahasa Indonesia termasuk dalam program studi Asia Tenggara, bersama tujuh negara lainnya. Dalam setahun, TUFS hanya menerima 18 mahasiswa yang belajar bahasa Indonesia dari dasar, seperti membaca, menulis dan lainnya.

 

Australia menjadi salah satu negara yang membuka jurusan Bahasa Indonesia. Tepatnya di University of Southern Queensland (USQ), Australia, bahasa Indonesia dipelajari secara menyeluruh dalam program Bachelor of Arts (Indonesian Language). Belajar mulai dari kosakata, struktur dan empat keterampilan berbahasa lainnya Bottom of Form

Kedutaan Indonesia untuk Ukraina ikut berpartisispasi dalam membuka jurusan Bahasa Indonesia sejak awal dibuka pada tahun 2012. Taras Shevchenko National University of Kyiv, Ukraina tepatnya pada Institute of Philology dari Taras Shevchenko National University of Kyiv, Ukraina membuka program studi Indonesian Language and Literature, atau jurusan Sastra dan Bahasa Indonesia. Bahkan pada tahun 2015 dibuka sebuah pusat kajian bahasa Indonesia di universitas tersebut. Selain belajar tentang bahasa Indonesia dan budayanya, para mahasiswa juga berkesempatan mengikuti darmasiswa, program beasiswa yang digelar pemerintah Indonesia untuk mahasiswa asing.

Masyarakat Indonesia banyak belajar Bahasa Korea bahkan tergila-gila akan budaya, Bahasa dan artis Korea. Tetapi jangan salah, sebab Korea selatan juga tertarik akan budaya dan Bahasa Indonesia. Terbukti Top of Form

Foreign Studies, Korea Selatan adalah salah satunya di Hankuk University of Foreign Studies (HUFS). Kampus yang berdiri sejak tahun 1954 ini punya dua jurusan yang mempelajari bahasa Indonesia, yaitu Department of Malay-Indonesian di College of Oriental Languages dan Department of Malay-Indonesian Interpretation and Translation di College of Interpretation and Translation.

Itulah beberapa negara yang tertarik pada Bahasa Indonesia, selain itu banyak negara yang memiliki ketertarikan akan budaya Indonesia seperti Thailand, Pilipina, Amerika dan banyak negara lain yang memiliki tempat belajar Bahasa seperti lembaga kursus.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed