oleh

Apa Program Sekolah Penggerak?

Biuus.com – Pandemi Corona Virus atau yang dikenal dengan Covid 19 memaksa masyarakat khususnya dunia pendidikan menyesuaikan dengan kondisi pandemic yang membuat aktivitas sekolah dari luring menjadi during.

Dunia pendidikan secara luring beralih menuju kebiasaan baru secara daring atau online.

Pembelajaran di ruang kelas beralih di dalam rumah siswa masing, masing.

Kegiatan belajar secara during ini membuat kebiasaan wali murid yang tadi nya gagap tehnologi, terpaksa belajar tentang tehnologi agar si buah hati bisa belajar dari rumah.

Salahsatu keuntungan belajar during ini adalah mempersingkat waktu belajar.

Namun kekurangan metode pebelajaran online ini sangat pariatif, seperti minimnya fasilitas komputer sampai permasalahan akses internet yang terbatas di beberapa daerah di Indonesia.

Menyadari keterbatasan sistem during ini, pemerintah mulai berbenah dengan program-program yang mendorong kemajuan pendidikan.

Berikut adalah salah satu program unggulan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu “Program Sekolah Penggerak”.

Apakah Program Sekolah Penggerak?

Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. 

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). 

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. 

Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *