by

Apa itu Santripreneur? : Apa Saja Peluang Besarnya

Santripreneur adalah istilah yang berasal dari  gabungan kata “santri” dengan “Enterpreneur”.

Arti Santripreneur memang memiliki banyak pendapat, sehingga perlu kita bahas satu persatu untuk memahami apa itu Santripreneur.

Sebelum kita bahas lebih dalam, mari kita diskusikan apa itu Santri dana pa itu Interpreneur.

Apa Arti kata Santri

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Kata “Santri” adalah orang yang sedang menuntut ilmu. 

Menurut peneliti Jhon mengatakan bahwa kata Santri berasal dari Bahasa Tamil yang memiliki arti “guru Mengaji”.

Sedangkan CC.Berg yang mengatakan bahwa kata “santri” berasal dari India yaitu “shantri” yang artinya seseorang yang ahli kitab agama Hindu. Pendapat ini Juga  diperkuat oleh A. Stenbring berpendapat bahwa pendidikan pesantren memiliki kesamaan dengan pendidikan India Hindu.

Sedangkan di Indonesia sebagian masyarakatnya berpendapat bahwa kata “santri” berasal dari Bahasa Sansekerta yang  diartikan “melek huruf”.

Dan sebagian besar mengatakan berasal dari jawa yang berarti “Cantrik yang memiliki arti seorang yang selalu setia dan mengikuti guru nya kemanapun.

Apa itu Entrepreneur

Entrepreneur adalah Bahasa Inggris yang berarti wirausahawan atau orang yang menjadi wirausaha.

Wirausahawan adalah kegiatan atau orang yang beraktivitas wirausaha dengan memiliki ciri sebagai seseorang yang pandai melihat peluang produk baru dan memiliki inovasi dan pengembangannya.

Dari penjelasan di atas adalah seorang entrepreneur telah dikenal oleh masyarakat sejak jauh sebelumnya, namun istilah ini akan berubah sesuai perkembangan jaman.

Dari pengertian di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa santripreneur adalah seseorang yang menuntut ilmu dan tinggal di pondok pesantren yang mampu berwirausaha dengan peroduk-produk baru dan inovatif.

Menjadi Pengusaha yang andal perlu dimulai sejak dini, seperti pada saat menjadi santri, kesempatan yang besar akan muncul ke depan.

Startup dan market place yang bermunculan cukup membantu para pengusaha muda yang kesulitan dalam pemasaran nya.Potensi besar juga muncul sujak 2014 lalu, bahwa pemerintah Jokowi-JK gencar meningkatkan UMKM di kalangan Pondok Pesantren di Indonesia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed