by

7 Jenis Desain Grafis dan Peluang Bisnis Industri 4.0

Desain grafis adalah komunikasi visual moderen yang identik dengan symbol, sejarah dan sosial. Desain grafis memiliki sejarah yang panjang, terbukti adalah seni rupa yang tertua adalah lukisan gua di Lascaux, Prancis yang diperkirakan pembuatan nya sekitar tahun 15.000 – 10.000 SM. Hal ini tidak terlepas dari seni rupa serta pengembangan komunikasi visual yang cepat dan memudahkan masyarakat dalam berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari.

Desain Grafis adalah keterampilan yang terbentuk dari seni rupa dengan alat berupa media digital seperti Komputer, Laptop, sampai dengan smart Phone untuk menuangkan ide-kreatif yang ada di setiap manusia.

Desain Grafis semakin berkembang ketika permintaan desain mengikuti jaman digitalisasi, Kebutuhan digital meningkat, sebanding dengan permintaan jasa desain mulai dari desain produk, desain kaos dan lain-lain.

Berikut adalah Pengembangan desain yang saat ini berkembang sesuai kebutuhan jaman di era digital, untuk anda yang berniat membuat sebuah usaha jasa desain grafis berikut adalah 7 jenis desain grafis yang bisa anda kembangkan menjelang Industri 4.0 saat ini.

1. Desain Produk

Kemasan produk yang menarik akan berdampak pada konsumen, produk yang memiliki desain akan memberikan dampak positif seperti produk dikemas dengan ciri khas dan unik pada kemasan akan menjadi daya Tarik dan selalu diingat oleh konsumen.

Baca Juga Peluang Kerja 2019: Job Seekers Hadapi Tantangan 4.0

Desain produk yang benar adalah mendesain sedemikian rupa, dengan memperhatikan nilai ekonomis dampak peroduk tersebut dapat dibilang aman dan nyaman pada peroses penyimpanan, distribusi, dan penjualan.

Desainer jenis ini biasanya membuat konsep yang baik, mengembangkan pasar, dan membuat file siap cetak untuk produk tertentu. Tentu pengetahuan ahli dalam proses cetak dan memahami secara detail tentang desain Industri manufaktur.

Uniknya, desainer produk  dapat dikatakan sebagai multi desainer, karena sering menemukan inovasi yang menjadi aset lain produk seperti fotografi, ilustrasi dan identitas visual.

2. Desain Grafis Pemasaran dan Promosi

Produk yang sudah didesain dan memiliki keunikan tertentu juga membutuhkan pemasaran dan promosi untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat.

Periklanan menjadi bagian untuk memperkenalkan produk, selain itu pemasaran tanpa modal atau secara organik dengan memperhatikan desain konten visual yang menarik dan memiliki ciri khas tersendiri dalam mempromosikan produk. Sehingga, masyarakat akan dengan mudah mengingat,membagikan dan menyebarkan secara gratis.

3. Desain Grafis Publikasi

Buku, majalah, Koran adalah contoh desain grafis yang menjadi alat berkomunikasi secara visual kepada masyarakat.

Jenis desain ini sangan dibutuhkan untuk menarik perhatian dalam menyampaikan informasi yang terpercaya, terukur dan memiliki nilai-nilai positif. Desain Publikasi adalah bagian penting untuk anda yang memiliki bisnis media cetak dan publikasi online.

4. Desain motion Grafis

Motion Grafis saat ini dibutuhkan oleh industri digital seperti bagaimana membuat logo animasi, Video, Situs Web, Aplikasi dan iklan. Berikut adalah bagian atau jenis dari desain motion grafis;

  1. Video;
  2. Tutorial;
  3. Logo Animasi;
  4. Situs Website;
  5. Aplikasi;
  6. Iklan;
  7. Presentasi;
  8. Games;
  9. Spanduk.
5. Desain Grafis Identitas Visual

Identitas Visual adalah sistem komunikasi yang membentuk ciri khas dan identitas suatu organisasi atau perusahaan dan lembaga.

Identitas visual berfungsi untuk memberikan perbedaan kepada konsumen hanya dengan melihat identitas jasa atau produk dari pesaing, sehingga konsumen dapat mengidentivikasi produk tersebut adalah dari perusahaan anda.

6. Desain Grafis Seni dan Ilustrasi

Jenis Desain grafis ini hampir memiliki kesamaan dengan desain lainnya, namun yang membedakan nya adalah tujuan desain grafis untuk berkomunikasi untuk memberikan solusi dan memecahkan masalah. Seni grafis berkomunikasi dengan membuat ilustrasi yang memiliki nilai seni tinggi.

Contoh desain grafis seni dan ilustrasi adalah desain kaos, tekstil grafis, video game, dan ilustrasi grakan, novel grafis.

7. Desain Grafis Lingkungan

Siapa yang tidak kenal kampung warna warni di Kota Malang, ini adalah contoh hasil desain grafis lingkunan. Kampung yang berubah secara derastis dari kampung yang kumuh disulap menjadi kampung warna-warni dengan mural dinding yang pariatif sehingga menjadi kawasan wisata yang popular.

Selain contoh di atas, jenis lain seperti signage, pameran museum, navigasi transportasi umum, merk kantor, interior, ruang acara sampai konfrensi yang memiliki desain grafis lingkungan yang menarik dan populer.

Anda sudah membaca 7 jenis desain grafis yang bisa menjadi refrensi dan bahan untuk mengembangkan ide yang menggeluti dunia desain grafis. Semoga dapat menginspirasi Sobat biuus.comuntuk memulai usaha dan mengembangkan bisnis anda pada bidang desain grafis untuk menyongsong Industri 4.0.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed