by

300 Hektar Lahan Tebu PT SMS Habis Dilahap Api

-News-539 views

DOMPU, biuus.com – Sekitar 300 hektare lahan milih tebu milik PT Sukses Mantao Sejahtera (SMS) di Desa Soritatanga, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu NTB, habis dilahap api, Sabtu (19/10).

Naasnya, hingga berita ini dibuat si jago merah terus menyebar dan meluas hingga ke lahan pemanfaatan Taman Nasional Tambora (TNT).
Kapolsek Pekat IPDA Abdul Malik, SH mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima dari pihak PT SMS bahwa sumber api awalnya berasal dari sebelah utara Hak Guna Usaha (HGU) kawasan PT UTL yang digarap masyarakat sekitar. “Kebakaran dimulai sekitar pukul 1.15 Wita, karena angin bertiupnya kecang akhirnya api kemudian merambat menuju lahan tebu milik PT SMS dan makin meluas hingga ke kawasan TNT,” katanya saat dihubungi via Whatshap.

Abdul Malik menjelaskan, pada pukul 17.30 Wita api merambat menuju safana Doromboha dan hingga saat ini petugas masih berupaya untuk melakukan pemadaman dengan menggunakan mobil tangki milik PT SMS. “Kami perkirakan sekitar 300 hektare lahan hangus terbakar,” bebernya.

Akibat kebakaran ini, lanjut Kapolsek PT. SMS mengalami kerugian material mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah. “Kami sudah pastikan dalam kebakaran ini tidak ada korban jiwa,” tegasnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran dan mematikan titik-titik api tersebut karena sulitnya medan untuk di lalui.
“Jujur saat ini kami dengan pihak PT. SMS kesulitan menempuh jarak yang jauh, karena terkendala armada mobil pemadam. Yang pastinya kami memantau ada sekitar 20 titik api yang sudah masuk di kawasan TNT dan PT UTL,” terangnya.

Informasi yang dihimpun media ini, dalam mencegah meluasnya kebakaran tersebut anggota Koramil 1614 – 05/Pekat, Polsek Pekat, bersama pihak PT SMS dan masyarakat masih terus berusaha memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya.


Hingga pukul 21.00 Wita api belum bisa di padamkan karena tiupan angin yang sangat kencang, tanaman tebu dan rumput yang sudah kering sehingga mudah untuk terbakar. Saat ini, api mulai mendekat pemukiman warga di PT BA/PT SMS Dusun Sorimangge, Doroncanga dan mengarah ke Dusun Mekar Sari Soritatanga. (ady)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed