by

16 Sub Sektor Ekonomi Kreatif dan Pengertian Kreativitas

Pergerakan pemuda sebagai generasi penerus kepemimpinan Indonesia masa akan datang, kini harus dapat melawan dan merubah budaya pasif dan ‘kolonialisasi’ yang selama ini ‘terlestarikan’ dengan kuat.

Pelestarian budaya lama bisa jadi merupakan kedok politisasi dari pelemahan semangat generasi baru akan perkembangan dan kemajuan.

Jika kita ingin generasi muda kita menjadi generasi yang unggul di semua bidang dan dapat memajukan bangsa ini baik secara kualitas hidup, pemikiran, maupun pemerataan pembangunan maka sudah selayaknya kita khususnya sebagai desainer turut berjuang agar generasi muda kita menjadi generasi yang kritis dan solutif bagi semua lini kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kita dapat ikut membangun mental generasi muda dengan mengedepankan cara berfikir kreatif, cara berfikir dengan nafas pengembangan, berfikir maju. Kita dapat membuat lingkungan yang baik untuk mereka beradaptasi, lingkungan yang inspiratif, lingkungan dengan atmosfer persaingan kreatifitas dan penciptaan teknologi yang praktis

Kreativitas menurut Utami Munandar (1999) adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk memberi ide kreatif dalam memecahkan masalah, atau sebagai untuk melihat hubungan-hubungan baru antara unsur-unsur yang sudah ada sebelumnnya. 

Kreativitas memerlukan lingkungan yang baik untuk berkembang, perkembangan masyarakat khususnya generasi muda di Indonesia akan menjadi  baik terhadap pentingnya lingkungan yang kondusif, budaya masyarakat yang dapat menyerapperubahan global dengan baik, masyarakat yang dapat menerima dengan baik para pendatang, integrasi yang baik antara masyarakat dengan kalangan akademisi, dan besarnya apresiasi masyarakat terhadap karya kreatif.

Definisi industri kreatif menurut Departemen Perdagangan Republik Indonesia tahun 2007 adalah Industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut. Dalam buku Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009 dijelaskan bahwa salah satu faktor yang memiliki peran signifikan dalam ekonomi kreatif adalah sumber daya manusia yang kreatif.

Industri kreatif sebagai industri yang sedang berkembang saat ini adalah, pemerintah telah mengidentifikasi lingkup industri kreatif mencakup 16 subsektor:

  1. Aplikasi Pengembangan Permainan
  2. Arsitektur
  3. Desain Interior
  4. Kesain Komunikasi Visual
  5. Desain Produk
  6. Fesyen (fashion)
  7. Video, Film dan Animasi
  8. Fotografi
  9. Kriya
  10. Kuliner
  11. Musik Penerbitan
  12. Penerbitan
  13. Periklanan
  14. Seni Pertunjukan
  15. Seni Rupa
  16. Televisi & Radio.

Jadi Sobat Biuus.com tabu apa sajt subsektor kreatif yang menjadi bagian penting dalam membangun peradaban Ekonomi di Indonesia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed